PUSAT PELATIHAN DAN PEMBINAAN BUDAYA LOKAL, Pembinaan Aktivitas dan Kreativitas generasi muda di sanggar seni DNR di dasarkan atas minat, kemampuan dan potensi diri dari setiap individu. Model pembinaan berdasarkan pada proses pendidikan,dengan tujuan untuk memupuk keterampilan dan keahlian para remaja dimasa yang akan datang sekaligus sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya sunda.@ dnr
DNR PROFIL
Pengelola sanggar seni dnr
- Dede Nono Rukmana, S.Sn.
- kuningan, Jawa Barat, Indonesia
- NAMA PANGGILAN Dede dnr, AGAMA Islam, SUKU Sunda,PEKERJAAN pns pada Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kab Kuningan, TEMPAT TANGGAL LAHIR Bandung 2 Juli 1970 PENDIDIKAN Akademi Seni Tari Indonesia ( Bandung ),Sekolah Tinggi Seni Indonesia ( Denpasar ),ALAMAT jLN. R.E. Martadinata Sebelah Timur Kantor Bapeda no.1 Kuningan - Jawa Barat - Indonesia
Sabtu, 23 Januari 2010
dnr> Studi tentang Pembinaan Aktivitas dan Kreativitas Generasi Muda dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Budaya Sunda ( Analisis Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Bandung; Studi Tentang Pembinaan Aktivitas Dan Kreativitas Generasi Muda Dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Budaya Sunda (studi Deskriptif Analitik Pada Sanggar Seni Dnr Kabupaten Kuningan ...
Studi Tentang Pembinaan Aktivitas Dan Kreativitas Generasi Muda Dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Budaya Sunda (studi Deskriptif Analitik Pada Sanggar Seni Dnr Kabupaten Kuningan.
Perubahan dalam masyarakat terjadi karena adanya gelombang globalisasi yang melahirkan budaya global. Proses globalisasi budaya akan merupakan ancaman terhadap budaya suatu bangsa. Kalau sebelumnya budaya suatu bangsa yang tumbuh terisolir dan berkembang secara mantap dan statis, maka dalam dunia terbuka keadaan demikian kian terusik. Apabila budaya bangsa terusik maka terusiklah identitas bangsa itu. Oleh sebab itu diperlukan usaha-usaha agar budaya dan identitas bangsa akan tetap hidup dan berkembang di dalam budaya global. Salah satu upaya yang dapat ditempuh yaitu melalui proses pembinaan atau sosialisasi dari individu-individu dalam masyarakat. Dengan adanya pembinaan ini maka diharapkan akan dapat menanamkan kecintaan terhadap nilai-nilai budaya sunda sehingga dapat melestarikan nilai-nilai budaya sunda yang sudah semakin tak popular di kalangan generasi muda.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin lunturnya kecintaan generasi muda terhadap nilai budaya sunda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembinaan aktivitas dan kreativitas generasi muda dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya sunda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara secara mendalam, studi literature dan dokumantasi serta angket.
Setelah melalui analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses pembinaan aktivitas dan kreativitas generasi muda di sanggar seni DNR di dasarkan atas minat, kemampuan dan potensi diri dari setiap individu. Model pembinaan yang diterapkan berdasarkan pada proses pendidikan yang mengacu pada pembinaan dan pengembangan potensi individu. Proses ini berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan yang ingin dicapai oleh semua pihak, baik itu oleh pengelola Sanggar Seni DNR, Pembina kegiatan maupun pesertanya itu sendiri, yaitu untuk memupuk keterampilan dan keahlian para remaja dimasa yang akan datang sekaligus sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya sunda. Faktor pendukung: tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, motivasi yang kuat dari individu yang bersangkutan, dukungan orang tua, dan dukungan dari nasyarakat.(perpustakaan.upi.edu/union/index.php/record/view/635 )-
( Analisis Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Bandung; Studi Tentang Pembinaan Aktivitas Dan Kreativitas Generasi Muda Dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Budaya Sunda (studi Deskriptif Analitik Pada Sanggar Seni Dnr Kabupaten Kuningan ...
Studi Tentang Pembinaan Aktivitas Dan Kreativitas Generasi Muda Dalam Upaya Melestarikan Nilai-nilai Budaya Sunda (studi Deskriptif Analitik Pada Sanggar Seni Dnr Kabupaten Kuningan)
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
Contributor Dra. Hj. Dartim Nan Sati
Dra. Hj. Sri Wuryan Azis, M. Pd
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar